Jumat, 14 Februari 2014

TUGAS FISIKA

DINAMIKA ROTASI

Cara Kerja :
1.       Tiap anggota kelompok memegang 1 buah roda.
2.       Lalu tiap anak naik ke atas piringan putar dengan tetap memegang roda.
3.       Posisi tangan lurus kedepan seperti mengendarai motor saat roda diputar.
4.       Setelah roda di putar, roda dimiringkan kekiri dan kekanan dengan posisi tangan tetap lurus kedepan.
5.       Setelah itu badan akan terasa ikut bergerak ke kiri dan kekanan mengikuti arah roda.


      Pendapat Valencia Njoto (5):
Dari percobaan yang sudah dilakukan dikelas, roda yang diputar terasa kebawah lalu roda yang sambil berputar dimiringkan ke kanan atau ke kiri  membuat orang yang berada diatas pemutar juga ikut berputar sesuai dengan kemiringan yang dibuat. Menurut saya, roda dengan tubuh merupakan satu sistem yang membuat pemutar ikut bergerak sesuai dengan kemiringan yang saya buat, sedangkan untuk roda yang diputar ke arah depan saya menimbulkan saya mau ikut ke bawah ini membuktikan bahwa roda memiliki gaya besar yang sama dengan gravitasi, jika gaya yang dimiliki memiliki gaya yang besar maka gravitasi yang dimilikipun juga besar.   

Pendapat Alexandy Wijaya (6) :
Keadaan benda yang stabil akan tetap stabil, tetapi pada saat roda dimiringkan ke kanan atau ke kiri, akan menyebabkan tidak stabil dan akan menggerakan poros yang ada di kaki. Hal itu terjadi karena poros beruasaha untuk menyeimbangkan gerakan.Poros berada di kaki akan berputar sesuai dengan gerakan yang ada pada roda. Hal itu menunjukkan bahwa poros berusaha untuk mendapatkan kestabilan. Karena keadaan benda yang stabil akan tetap stabil .(Rumus: ∑ F=0 / ∑T=0) 

Pendapat Devina (20) :
.Gerakan putaran roda saat dimiringkan mempengaruhi tekanan yang diberikan sehingga badan bisa bergerak sesuai dengan arah roda.


Pendapat Andreas Budianto (15) : 
Gerakan yang terasa dipengaruhi oleh Gaya normal, gaya berat, dan gaya gravitasi. Semakin tidak stabil gerakan tersebut, maka gaya normal, gaya berat, dan gaya gravitas berusaha untuk membuat gaya agar kembali stabil.





1 komentar: